RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP ) 1
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Lhokseumawe
Mata Pelajaran : Produktif Busana
Kelas / Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x 6 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Membuat
Busana Wanita
Kompetensi Dasar : Mengelompokkan macam-macam busana wanita
Indikator : 1.
Menjelaskan tentang pengelompokkan macam-macam busana wanita
2.
Mengelompokkan macam-macam busana wanita
3.
Pengelompokkan macam-macam busana wanita sesuai dengan kesempatan
I.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
pengelompokkan busana wanita menurut fungsinya, jenisnya, umur, kesempatan
dengan benar
2.
Mengelompokkan
busana wanta menurut fungsinya, jenisnya, umur dengan tepat
3.
Mengelompokkan
busana wanita sesuai dengan kesempatan
II.
Materi Ajar
1. Pengelompokkan
busana wanita
·
Menurut
fungsinya : Busana dalam dan
busana luar
·
Menurut jenisnya : Busana wanita dan busana pria
·
Menurut umur : Busana anak, busana
remaja, busana orang dewasa dan busana orang tua
·
Menurut
kesempatan : Busana
sehari-hari/kerja, busana berpergian, busana santai/rekreasi, busana pesta
siang/malam, busana pengamtin, busana adat sehari-hari, busana berkabung,
busana olah raga
2. Pengelompokkan
busana wanita
·
Menyiapkan
berbagai desai busana kamar jas
·
Pembagian
kelompok tugas
3. Pengelompokkan
busana wanita sesuai dengan kesempatan
·
Membuat kliping
pengelompokkan busana wanita
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Menggali
informasi
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Tugas / latihan
IV.
Langkah-langkah
Pembelajaran
( kerja keras, kreatif,mandiri,
rasa ingin tahu )
Pertemuan 1
No
|
Tahapan
|
Rencana
Kegiatan
|
Waktu
|
Ket
|
1
|
Appersepsi
|
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·
Siswa berdoa’a
sebelum belajar
·
Guru mengabsen
siswa
·
Mengajukan
pertanyaan untuk mengetahui konsep awal siswa tentang materi yang akan
dipelajari
Apa yang dimaksud dengan busana
?
|
10
menit
|
|
2
|
Eksplorasi
|
Kegiatan Inti
:
1.
Guru
memperhatikan macam-macam model busana
2.
Memberikan
informasi tentang :
a. Menjelaskan
pengertian busana wanita
b. Mengklasifikasikan
jenis-jenis busana wanita
c. Menjelaskan
syarat-syarat busana sesuai kesempatan
3.
Membagi siswa
4 kelompok untuk mendiskusikan tentang:
a. Kladifikasi
pakaian wanita sesuai kesempatan
b. Syarat-syarat
bahan, corak, warna sesuai kesempatan
4.
Membimbing
peserta didik dalam melakukan diskusi
|
90
menit
|
|
3
|
Elaborasi
|
1.
Membuka
diskusi untuk menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas
2.
Membimbing dan
mengarahkan peserta didik membahas secara klasikal hasil diskusi
|
135
menit
|
|
4
|
Konfirmasi
|
1.
Memberikan
penguatan / masukan dari hasil diskusi
2.
Membimbing
peserta didik merumuskan kesimpulan
3.
Mengulang
secara garis besar apa yang telah dipelajari
|
10
menit
|
|
5
|
Evaluasi
|
1.
Memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah dibahas
2.
Meminta siswa
membuat laporan hasil diskusi
|
15
menit
|
|
6
|
Tugas
|
Menugaskan
peserta didik membuat kliping macam-macam busana menurut kesempatan
|
10
menit
|
|
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Alat
a. Job
sheet / bahan referensi
b. Majalah
/ mode blad busana wanita
2. Bahan
a. Kertas
folio
b. Selotif
c. Tulang
papan
3. Sumber
Belajar
a. Tata
Rias dan Penampilan Diri oleh Dra. Syahandini Purnomo, Proyek Pengadaan Buku
Pendidikan Teknologi Kerumahtanggaan dan Kejuruan Kemasyarakatan, Jakarta, 1976
VI.
Penilaian
1. Tes
tertulis
Soal
1. Pengelompokkan
busana wanita menurut fungsinya terdiri dari ......
a. Busana
rumah, busana luar
b. Busana
dalam, busana luar
c. Busana
luar, busana pesta
d. Busana
pesta, busana rekreasi
e. Busana
rekreasi, busana dalam
2. Busana
dalam ialah busana yang pertama kali melekat pada tubuh dan busana yang dipakai
didalam rumah, seperti ......
a. Singlet,
angkin, daster
b. Singlet,
daster, gamis
c. Angkin,
longtorse, gamis
d. Angkin,
gaun, gamis
e. Gaun,
gamis, daster
3. Busana
anak, busana remaja dapat dikelompokkan menurut ......
a. Jenisnya
b. Fungsinya
c. Umur
d. Kesempatan
e. Keadaan
4. Busana
yang diapakai didalam rumah adalah .......
a. Kamar
jas, daster, baby doll
b. Daster,
gaun, piyama
c. Piyama,
daster, baby doll
d. Babydoll,
piyama, gamis
e. Gamis,
daster, gaun
5. Pengelompokkan
busana wanitra menurut kesempatan, kecuali .....
a. Busana
kerja, busana rekreasi, busana pesta
b. Busana
rekreasi, busana pesta, busana berpergian
c. Busana
pesta, busana berpergian, busana kerja
d. Busana
kerja, busana rekreasi, busana berpergian
e. Busana
berpergian, busana remaja, busana pesta
6. Ciri
kags busana yang sesaui dipakai oleh anak balita, kecuali ......
a. Warna
cerah
b. Corak
lucu-lucu
c. Corak
bunga besar
d. Banyak
variasi
e. Bahan
penghisap keringat
7. Busana
yang dipakai oleh wabiota, juga dipakai oleh pria, seperti .......
a. Kemeja,
pantalon
b. Kemeja,
piyama
c. Pantalon,
piyama
d. Safari,
kemeja
e. Piyama,
safari
8. Busana
yang tepat untuk olahraga lintas alam adalah .......
a. Blus
kaos + celana training
b. Blus
kaos + celana berkerut
c. Blus
kaos + hotpanth
d. Blus
kaos + celana begi
e. Blus
kaos + celana yeye
9. Busana
remaja yang sesuai untuk rekreasi kepantai adalah ........
a. Slack
dengan blus berkerah rendah
b. Short
dengan blus kaos tanpa belahan
c. Knikers
dengan blus kaos berlengan raglan
d. Knikers
dengan blus kaos berkerah peluru
e. Kulot
dengan blus berlengan dolman
10. Busana
kerja dan busana rekreasi dapat dibedakan berdasarkan .......
a. Bahan,
pola, warna, tekstur
b. Bahan,
desain, tekstur, penyelesaian
c. Bahan,
desain, tekstur, corak
d. Bahan,
tesktur, warna, penyelesaian
e. Bahan,
warna, pola, penyelesaian
Kunci jawaban
1. B
2. A
3. C
4. C
5. E
6. C
7. B
8. A
9. C
10. C
Lhokseumawe, Agustus 2014
Mengetahui
Ka. SMKN 2 Lhokseumawe Guru
Mata Pelajaran
Husaini Is, S.Pd, MM Dra.
Cut Susanna
NIP. 19711110
199801 1 001 NIP.
19641111 199412 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar